Bupati Sumenep Terbitkan Surat Edaran ASN Wajib Salat Tepat Waktu

Mediadakwahislami.com—(Sindonews.com) Bupati Sumenep Achmad Fauzi menerbitkan surat edaran perihal himbauan salat fardhu tepat waktu bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sumenep.

Dalam edaran tersebut, ASN yang beragama Islam diminta ketika suara adzan berkumandang agar menghentikan sementara segala bentuk aktivitas kerja. Termasuk kegiatan rapat untuk melaksanakan salat fardhu tepat waktu.

Edaran yang ditandatangai Fauzi pada Rabu (31/3/2021) itu langsung viral di sosial media. Sejurus kemudian, tidak sedikit para tokoh ulama hingga masyarakat Sumenep memberikan apresiasi dan dukungan atas edaran tersebut.

Seperti yang diutarakan Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Ulum Utara, Kiai Qusyairi Zaini, menurut dia, terbitnya surat edaran salat tepat waktu itu manjadi salah satu ikhtiar Fauzi guna menggairahkan nuansa riligius di bumi Sumekar.

Memurut dia, edaran tersebut sudah tepat dengan karakter serta budaya Sumenep yang kental dengan nuansa santri. “Kami cukup apresiai, ini edaran yang sangat positif dan akan menumbuhkan nuansa religius, suasana santri dan pesantren semakin terasa di Kabupaten Sumenep kita tercinta ini. Edaran itu bagus,” kata Kiai Qusyairi sesaat lalu.

Selain itu, kata Kiai Qusyairi, edaran salat tepat waktu juga menjadi salah satu wujud harapan serta pesan dari para kiai dan Habaib kepada Fauzi selepas dianyatakan menang di Pilkasa Sumenep. Ia pun bersyukur, Fauzi mulai memenuhi apa yang diharapkan para ulama Sumenep.

“Memang banyak masukan dan pesan dari ulama dan habaib kepada pak Fauzi, salah satunya agar aktivitas-aktivitas religi hendaknya dihidupkan kembali di desa-desa, di kecamatan dan di kota. Dan Pak Fauzi memulai dari ASN di Pemkab. Ini cara yang tepat untuk memulai yang baik,” demikian Kia muda yang juga penasehat GMNU itu.

Sementara, saat dikonfirmasi, Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi, membenarkan terkait dikeluarkannya surat edaran salat tepat waktu bagi ASN di Pemkab Sumenep itu. Menurut dia, edaran tersebut menjadi salah satu ikhtiarnya untuk menjadikan Sumenep semakin baik.

Politisi asal PDIP ini menyebutkan, guna mencapai tujuan tersebut, dieperlukan empat hal yang harus dilakukan bersama-sama oleh para ASN. Yakni, ikhtiar, spritual, rituan dan qonaah.

“Empat hal ini kami pandang penting untuk dilakukan bersama-sama. Karena, kami yakin, jika empat hal itu bisa kita maksimalkan, Insyaallah Sumenep akan lebih baik,” jelas Fauzi, Kamis (1/4/2021).

Sekadar diketahui, setalah mengeluarkan surat edaran salat tepat waktu untuk ASN, Fauzi juga mengeluarkan surat edaran serupa untuk masyarakat umum, termasuk perusahaan swasta, sekolah, BUMD, TNI dan Polri serta kalangan komunitas pribadi.

Pada poin edaran tersebut diimbau menghentikan seluruh aktivitas lima menit sebelum adzan berkumandang hingga melaksanakan salat berjamaah di Masjid.

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *