Jelang Peringatan Isa Almasih, Banser dan Polisi Kompak Mengawal Gereja

Mediadakwahislami.com—(SuaraMalang.id) Polres Malang meningkatkan pengamanan menjelangan peringatan Isa Almasih, Jumat (2/4/2021) pekan ini. Polisi bakal mengawal ketat sejumlah rumah ibadah, khususnya gereja, merespon serangan bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar mengatakan, pihaknya bakal menerjunkan sejumlah personel ke beberapa gereja di wilayah hukumnya saat peringatan Isa Almasih. Selain aparat, pengawalan rumah ibadah juga melibatkan organisasi lintas sektor.

“Pada saat itu kami akan siapkan pengamanan lintas sektoral seperti akan ada bantuan dari Banser, Pemuda Pancasila dan juga kami akan koordinasi dengan pihak gereja terkait keamanan ini,” kata dia.

Ia berkomitmen dan menjamin keamanan seluruh kegiatan ibadah di Kabupaten Malang.

“Kami pastikan keamanannya di Kabupaten Malang dan pihak jemaah tidak perlu khawatir,” sambungnya.

Terpisah, Ketua PCNU Kabupaten Malang, Umar Usman mengatakan, anggota Barisan Ansor Serbaga Guna atau Banser telah diinstruksikan untuk membantu pengamanan gereja di Kabupaten Malang. Akan ada 10 sampai 20 anggota Banser yang mengamankan proses ibadah.

“Nanti kami juga koordinasi dengan pihak gereja mana saja tempat yang boleh kami jaga. Kan biasanya ada tempat yang tidak boleh di masuki. Itu kami koordinasikan dulu jaganya di mana,” tutur dia.

Umar juga menambahkan, PCNU Kabupaten Malang sudah melakukan deteksi dini di Kabupaten Malang guna mengantisipasi aksi terorisme.

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *