UAS Ajarkan Doa Agar Mudah Melunasi Hutang, Simak Penjelasannya Berikut

Mediadakwahislami.com—Sebelum memasuki bulan Ramadhan ada baiknya kita mengingat kembali hutang puasa. Selain hutang puasa, ada baiknya kita berusaha untuk melunasi hutang dengan seseorang.

Melunasi hutang adalah kewajiban setiap orang yang bisa dimudahkan dengan meminta bantuan-Nya. Dengan membaca doa melunasi utang setiap malam sebelum tidur merupakan amalan yang bisa meringankan utang.

Dilansir oleh Instagram @muslim.fact, ada doa yang diajarkan oleh Rasulullah agar mudah melunasi hutang.

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu” (HR. Tirmidzi no. 3563, hasan menurut At Tirmidzi, begitu pula hasan kata Syaikh Al Albani)

Sementara dilansir oleh Serambi, pendakwah Ustaz Abdul Somad pernah ditanya jamaahnya perihal utang. Dalam video yang diunggah Islamic Forum, Ustaz Abdul Somad mengatakan ada doa yang diajarakan Rasulullah SAW agar terbebas dari hutang.

“Nabi SAW mengajarkan doa. Hadits diriwayatkan Ahmad bin Hambal,” ujar Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad kemudian menyampaikan doa seperti di bawah ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Kata Abu Umamah radhiyallahu ’anhu: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutang ku.”

Semoga doa ini bermanfaat dan dimudahkan dalam melunasi hutang.

Sumber: TribunJambi.com/ Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *