Ditemukan, Gambar Kubah Masjid & Lafaz Allah di Dinding Goa Bikin Kaget Masyarakat Desa Rimba Candi Pagaralam

Mediadakwahislami.com— Warga Pagaralam saat ini sedang heboh lantaran ditemukannya semacam ukiran di dinding goa di Kawasan Desa Rimba Candi, Kecamatan Dempo Tengah.  Ukiran tersebut menyerupai gambar kubah masjid dan ada tulisan menyerupai lafaz Allah.

Selain itu juga, di dalam goa ditemukan patung yang menyerupai tengkorak manusia. Goa tersebut memiliki kedalaman sekitar 15 meter dan di sekitar goa juga terdapat air terjun. Penemuan ini pertama ditemukan oleh rombongan karang taruna Desa Rimba Candi yang saat itu hendak membuka lahan air terjun untuk dijadikan objek wisata.

Diduga, ukiran dan beberapa benda dalam goa tersebut merupakan peninggalan zaman dahulu. Namun masih diteliti oleh para ahlinya. Ansori, tokoh masyarakat desa setempat, mengatakan bahwa sebenarnya air terjun di kawasan tersebut sudah lama diketahui. Namun, untuk goanya sendiri baru saja ditemukan.

“Memang sudah lama air terjun ini kami ketahui keberadaannya. Dan kami masyarakat melakukan gotong royong untuk menjadikannya objek wisata. Saat sedang gotong royong itulah kami menemukan adanya goa ini,” ujarnya.

Saat ditemukan di bagian depan goa juga ada ukiran dibatu yang menyerupai kuba masjid dan ada tulisan menyerupai lafaz Allah. Dan di bagian dalam goa ada batu yang dibuat menyerupai kepada tengkorak manusia.

“Ukiranya tampak jelas sekali, yaitu gambar menyerupai kuba masjid dan lapas Allah,” katanya.

Penasaran dengan hal ini masyarakat setempat menyusuri goa dengan kedalaman sekitar 15 meter dari muka goa dengan ketinggian sekitar 5 meter.

“Kami menduga jika goa ini merupakan peninggalam zaman dulu. Namun untuk memastikannya harus ada peneliti yang datang ke sini langsung,” jelasnya.

Warga berharap agar dengan adanya penemuan ini kawasan tersebut mendapat perhatian dari pemerintah dan bisa dijadikan kawasan wisata.

“Kami berharap kawasan air terjun dan goa ini bisa menjadi objek wisata baru di Pagaralam.

Dan pemerintah bisa membangun fasilitas pendukung seperti jalan dan fasilitas umum lainnya,” harapnya.

Sumber: Sripoku.com/ Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *