Polres Sergai Tangkap Pelaku Penistaan Agama, Tersangka Acong Nyaris Dimassa

Mediadakwahislami.com—(Tribun-Medan.com) Polres Serdang Bedagai (Sergai) menangkap seorang pria yang diduga telah melakukan penistaan agama di media sosial. Pelakunya adalah Indra Darma (23) alias Acong warga Dusun I Desa Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai. Ia merupakan pemilik akun facebook Sun Go Kong.

Informasi yang dihimpun selama ini akun Facebook pria ini kerap kali menjelek-jelekkan agama Islam. Tulisan-tulisannya juga bertuliskan kalimat-kalimat tak patut. Kalimat tersebut juga mencantumkan foto tokoh agama yang beberapa waktu lalu baru saja wafat. Hal ini kemudian memancing emosi banyak warga dan nyaris menghakiminya.

Kapolres Sergai AKBP Robin Simatumpang menyebut telah menetapkan Acong sebagai tersangka. Ia menyebut motif pelaku melakukan penistaan agama karena persoalan asmara.

“Tersangka cintanya ditolak oleh perempuan yang berbeda agama dengannya. Perempuan itu lebih memilih teman dekatnya yang seagama,” kata Robin Simatupang ketika menggelar konferensi pers, Minggu (21/2/2021).

Ia menyebut tersangka dijerat dengan pasal 28 Ayat (2) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 dan Pasal 45 ayat (2) UU RI Nomor 11 Tahun 2016 tentang ITE subsider pasal 156 huruf a KUHPidana tentang penistaan agama dengan ancaman penjara 5 sampai 6 tahun penjara.

Kepada masyarakat, Robin meminta agar mempercayakan kasus ini kepada pihak kepolisian. Ia mengatakan, sat ini tersangka sudah ditahan.

“Kita imbau masyarakat untuk menyerahkan proses secara hukum. Terkait hal ini masyarakat jangan terprovokasi dam untuk menahan diri dari tindakan yang merugikan semua pihak,” katanya.

Sebagai barang bukti, dalam kasus penistaan agama dan ujaran kebencian ini disita satu unit handphone merek Xiaomi note 7 warna biru milik tersangka dan 4 lembar foto screenshot postingan akun facebook atas nama sun go kong.

Informasi lain didapat kalau kediaman tersangka sempat didatangi oleh ratusan warga, dan nyaris dimassa.

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *