Ungkap Beda Ustadz hingga Habib, IG UAS Malah Diramaikan Aldi Taher

Mediadakwahislami.com—(SuaraJogja.id) Ustadz Abdul Somad (UAS) membagikan unggahan soal perbedaan antara kiai, habib, ustaz, hingga syekh di Instagram.

Dalam unggahan pada Rabu (17/2/2021) itu, UAS membagikan ulang unggahan dari @FYIFACT.

Terdapat empat sebutan untuk pemuka agama Islam disertai definisi singkat dan ilustrasi di unggahan tersebut.

Yang pertama adalah kiai, dengan ilustrasi almarhum Maimun Zubair alias Mbah Moen. Disbeutkan bahwa kiai berarti “Syekh dalam urusan agama. Namun sebutan ini umum di Jawa.”

Kedua, dengan ilustrasi Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq, disertakan pengertian dari habib, yakni “Gelar untuk keturunan Nab Muhammad SAW dan harus menjadi telada masyarakat.”

Selanjutnya adalah makna dari ustaz, yang diilustrasikan dengan potret UAS. Tertulis bahwa ustaz “Diserap dari bahasa Persia yang artinya ‘guru atau pendidik’.”

Terakhir, ada ilustrasi mendiang Ali Saleh Mohammed Ali Jaber alias Syekh Ali Jaber sebagai gambaran untuk arti dari syekh, yaitu “Panggilan untuk orang yang dituakan karena jabatan atau ilmunya.”

“Kyai, Habib. Ustadz, Syekh,” tulis @ustadzabdulsomad_official sebagai keterangan untuk unggahannya tersebut.

Berbagai pertanyaan warganet pun memenuhi kolom komentar di halaman Instagram UAS. Di antara mereka ada yang menanyakan sebutan lainnya untuk para pendakwah, seperti gus, buya, hingga teungku.

Namun hingga Kamis (18/2/2021), belum ada respons dari UAS untuk komentar-komentar warganet itu.

Terdapat empat sebutan untuk pemuka agama Islam disertai definisi singkat dan ilustrasi di unggahan tersebut.

Tak hanya itu, tak sedikit pula warganet yang justru membahas topik lain dan malah mempertanyakan Aldi TAher, selebritas yang belakangan ramai disoroti gara-gara melabeli dirinya sebagai ustaz.

“Ustad aldi taher?” tanya @wad***.

“Syaikh Aldi Taher,” tulis @uma***.

“Kalo aldi taher apa pantes dia menyebut dirinya sebagai ustadz? padahal dia tidak mengajar soal agama,” tambah @iqb***.

Sementara itu, akun @_mo*** bertanya, “Kalo Aldi Taher?”

“Ust @alditaher.official,” sindir @riz***.

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *