Hasbunallah Wani’mal Wakil, Penjelasan BMKG Soal Puncak Musim Hujan dan Potensi Bencana

Mediadakwahislami.com—Hasbunallaha wani’mal wakil, ni’mal maula wani’man nasir (cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami).

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, berdasarkan data sejak tahun 1900 serta monitoring iklim oleh BMKG selama lebih dari 70 tahun, perubahan Iklim Global adalah nyata dan berdampak pada peningkatan frekuensi dan intensitas kejadian ekstrem, baik berupa kejadian cuaca atau hujan ekstrem, iklim ekstrem, ataupun kejadian anomali iklim global seperti La Nina dan El Nino.

Ia juga menjelaskan, pada Tahun 2020 yang lalu merupakan tahun terpanas kedua di sepanjang sejarah, setelah tahun 2016 (anomali +0,80 derajat Celcius), mengungguli tahun 2019 (anomali +0,60 derajat Celcius).

“Kondisi ini mirip dengan perubahan suhu global sebagaimana dilaporkan World Meteorological Organization (WMO) pada awal Desember 2020,” ujar Dwikorita.

Marilah kita bermuhasabah (intropeski) diri, kenali kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat. Segera mohon ampunan dan taubat. Semoga Allah subhanahu wata’ala berkenan memberikan rahmat dan menerima taubat, sehingga kita selamat dunia dan akhirat.

Sumber: Sindonews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *