Ustadz Abdul Somad: ” Hidup Ini Seperti Pematang di Tengah Sawah, Memikul……”

Mediadakwahislami.com—Ustaz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D., Datuk Seri Ulama Setia Negara, atau lebih dikenal dengan Ustaz Abdul Somad (UAS) adalah seorang pendakwah dan ulama Indonesia berdarah Batak yang sering mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya kajian ilmu hadis dan ilmu fikih. Dengan gaya ceramah yang khas, membuat tak sedikit masyarakat dalam negeri bahkan luar negeri menjadi penggemar Beliau.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَٱضْرِبْ لَهُم مَّثَلَ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا كَمَآءٍ أَنزَلْنَٰهُ مِنَ ٱلسَّمَآءِ فَٱخْتَلَطَ بِهِۦ نَبَاتُ ٱلْأَرْضِ فَأَصْبَحَ هَشِيمًا تَذْرُوهُ ٱلرِّيَٰحُ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ مُّقْتَدِرً

Artinya: ”Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia adalah sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS Al-Kahfi: 45)

Mengutip postingan yang diunggah UAS lewat akun Instagram @ustadzabdulsomad_official, beliau menyampaikan pesan singkat mengenai kehidupan kita didunia. Ibarat meniti pematang sawah yang licin sambil memikul panen.

“Hidup ini seperti meniti pematang di tengah sawah. Memikul padi selepas panen. Bebannya berat jalannya licin. Mesti hati-hati dan waspada agar tak jatuh. Kalau sampai ke tujuan dengan selamat, jangan sombong, itu taqdir Allah. Kalau sudah berhati-hati, jatuh jua, berarti taqdir Allah jua. Ada taqdir yang dibalas syukur, ada taqdir yang dibalas sabar. Syukur dan sabar. Keduanya ibadah hati.” Tulis UAS pada unggahan tersebut.

Wallahu A’lam Bisshowwab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *