Jennifer Grout, Penyanyi Cantik Mualaf Amerika Bikin Heboh saat Baca Ayat Kursi, Begini Kabar Terkininya!

Mediadakwahislami.com—(TribunMedan.com)  Ingat Jennifer Grout penyanyi asal Amerika Serikat yang sempat jadi perbincangan hangat di media sosial? Ya, Jennifer Grout penyanyi asal Amerika Serikat begitu fasih melantunkan Ayat Sucu Al Quran dengan suaranya yang merdu.

Jennifer sebenarnya telah mengunggah video dirinya membaca ayat kursi di jejaring Facebook dan Instagram pada pertengahan Desember 2019 silam. Namun, video tersebut kembali viral dan banyak diserbu netizen yang sebagian besar terpukau dengan lantunan suaranya.

Dalam unggahannya itu, tersebut, Jennifer menceritakan awal mula ia mendengarkan Al-Qur’an. Kala itu, ia mengetahui Al-Qur’an dari guru musiknya saat tengah menjadi peserta Arabs Got Talent.

Gambar: Tribun-Medan.com

“Ketika saya pertama kali tertarik pada musik Arab, guru saya menyuruh saya untuk mulai mendengarkan Al-Qur’an sebagai latihan untuk mulai mendapatkan keselarasan dengan semua nuansa Arab saat bernyanyi, keduanya memiliki banyak kesamaan seperti kualitas melodi, ornamen, teknik vokal, maqam, dan bahasa tentu saja.

Banyak penyanyi Tarab besar berakar pada pembacaan Quran! Hari ini, dalam semangat hari Jumat saya berbagi bacaan ayat kursi sesuai dengan gaya guru besar Mohammed Siddiq Al Menshawi. Pembacaan Al-Qur’an adalah seni tersendiri, dan dapat dihargai oleh siapa saja dan semua orang, Muslim dan non Muslim sama,” tulis Jennifer.

Lantas siapa Jennifer Grout? berikut profilnya.

Jennifer Grout penyanyi asal Amerika Serikat telah menjadi Mualaf pada tahun 2013 lalu. Keputusan Jennifer Grout jadi mualaf menjadi pembicaraan banyak orang setelah muncul video Grout mengucap dua kalimat syahadat.

Jennifer Grout lahir dan dibesarkan di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan Ia adalah putri seorang pianis dan pemain biola. Jennifer Grout juga pernah mengikuti ajang pencarian bakat Arabs Got Talent dan berhasil meraih juara ketiga.

Grout memulai karier sebagai penyanyi di kafe-kafe milik warga Suriah di Montreal dan pindah ke Maroko setelah lulus.  Sejak ikut Arabs Got Talent, Grout terlibat dalam sejumlah festival musik di seluruh dunia. Jennifer sendiri mengaku mulai tertarik belajar musik di usia 5 tahun.

Meski berlatar belakang Amerika, dia mengaku memiliki kekaguman pada budaya Arab dan Islam. Awal ketertarikan Grout mempelajari Islam ketika ia lulus dari Universitas McGill di Kanada dan memutuskan untuk liburan musim panas ke Maroko pada tahun 2012. Penyanyi berusia 29 tahun itu sangat terkesan dengan penduduk Maroko yang mayoritas beragama Islam.

Selain itu ia juga terpukau dengan suara azan yang terus berkumandang seraya memanggil jamaah untuk melakukan salat. Beberapa faktor tersebut yang membuat Grout mulai tertarik dan melakukan studi mendalam tentang Islam dan belajar bahasa arab.

Dilansir dari Morocco World News (30/12/19), akhirnya ia menikah dengan seorang pria asal Maroko dan dikaruniai seorang anak perempuan. Anak perempuannya ia namai Qamar. Grout mengatakan, pemilihan nama Qamar (kata Arab untuk bulan), adalah karena ia memiliki hubungan unik dengan bulan selama kehamilannya.

Usai melahirkan putrinya, Grout mengaku perlu mundur dari gemerlapnya dunia hiburan. Kali ini Jennifer Grout mebuat para penggemarnya bertambah kagum dengan dirinya. Jennifer Grout membaca akhir Surat Al-Baqarah 285-286 yang dibagikannya di laman instagram pribadinya dan channel youtubenya.

“Jennifer Grout Recites Verses 285-286 of Baqarah

Jumu’a Mubarak! These are the last two verses of the second (and longest) chapter of the Qur’an in the style of the great Egyptian reciter Mohammed Siddiq Al-Menshawi,” tulis Jennifer.

Grout membuat warganet terpukau dengan kefasihannya membacakan Ayat Kursi. Tak ada satupun kesalahan dalam pelafalan ayat tersebut. Di akun Facebooknya, Grout mengatakan dia mendapat saran dari guru musik Arabnya untuk mendengarkan lantunan Qiraah Qur’an.

Saran tersebut sebagai metode agar dapat membawakan lagu-lagu Bahasa Arab.

“Qiraah Qur’an adalah seni tersendiri dan dihargai semua orang, baik Muslim maupun non-Muslim, meski lebih bermakna bagi golongan pertama (Muslim),” kata dia.

Video Jennifer Grout melantunkan ayat suci Al- Quran ini di upload ulang oleh akun Instagram @Sahabatsurga, postingan itu banjir pujian dan dercak kagum para warganet saat mendengar penyanyi cantik itu melantunkan Surat Al-Baqarah 285-286.

“Tolong Aamiin kan do’a ini :

Ya Allah, sesungguhnya kami meminta kepada-Mu agar Engkau mengikat hati-hati kami dengan menghafal Al-Quran, memberikan kami rezeki tilawah dan tadabburnya, dan dalam mengamalkannya sebagaimana yang Engkau ridhai
.
Al-Quran itu semuanya indah. Untaian dan tutur katanya indah. Nasihatnya indah. Kisah-kisahnya indah. Janji dan peringatannya indah. Hukum-hukumnya indah.

Mengapa? Karena Al-Quran berasal dari Zat Yang Mahaindah. Maka, jika engkau senang dengan keindahan, carilah dia dalam Al-Quran. Al-Quran pun ibarat berlian yang mempunyai banyak sisi. Jika dipandang dari satu sisi, dia akan menampakkan keindahan tersendiri. Jika dilihat dari sisi yang lain, akan tampak pula keindahan yang lain.

Berlian ini pun senantiasa berkelipan sepanjang zaman. Hanya mereka yang mempunyai hati nan tulus, bersih, lagi haus akan nilai-nilai Al-Quran sajalah yang bisa menikmati keindahan ini.

“Hati bagaikan sebatang pohon yang disirami air ketaatan. Keadaan hati mempengaruhi buah yang dihasilkan anggota tubuh,” tulis akun @sahabat surga.

Cerita Jennifer soal Islam

Dilansir dari Gulfnews, ketertarikannya terhadap agama muncul dua tahun setelah Jennifer memutuskan untuk menjadi seorang ateis.

Namun setelah itu, ia bertemu dengan seorang pria berkebangsaan Maroko (yang saat ini menjadi suaminya) dan secara tidak sadar telah mengubah pandangannya tentang sebuah agama.

“Dia orang paling berani, gigih, dan penuh kasih sayang. Saya sangat mengaguminya dan ingin membuat hubungan ini berhasil (karena itulah saya menjadi seorang muslim untuk mengetahui dan mengerti tentang Islam). Dengan berusaha memahami dan membuka pikiran saya tentang hal itu, tiba-tiba hal menakjubkan mulai terjadi kepada saya, seperti sebuah kebetulan,” jelasnya.

Kabarnya Sekarang?

Menelusuri akun media sosialnya, Jennifer selalu menampilkan suara nerdunya melatunkan ayat suci Al-Quran. Jennifer saat ini juga membuka dukungan untuk mendukung ruang lingkup Muslim Pertama di dunia.

“Link ada di BIO, Tolong bantu kampanye LUAR BIASA ini, Kami mencoba menciptakan ruang yang aman bagi PENCIPTA MUSLIM MUDA dari semua jenis !!! Kami berharap dapat mengumpulkan $ 175.000 secara kolektif pada akhir kampanye tiga bulan ini, Salam Damai dan Cinta,” tulis Jennifer dalam Bahasa Inggris.

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *