Doa Keutuhan Rumah Tangga, Berikut Doa-doa Pendek Agar Keluarga Harmonis, Yuk Amalkan!

Mediadakwahislami.com—(TribunManado.com) Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan agar rumah tangganya tetap harmonis. Memanjatkan doa kepada Allah ialah suatu untuk meminta kebaikan dalam rumah tangga. Untuk itu, kita bisa berdoa karena hal tersebut salah satu cara berkomunikasi dengan sang Pencipta.

Allah menjamin setiap doa akan dikabulkan. Firman Allah Surat Ali Imrah ayat 186, yang artinya:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”

Di lain ayat Alquran, Allah berfirman dalam Surat Assyura ayat 26, yang artinya:

“Dia memperkenankan (doa) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal yang saleh dan menambah (pahala) kepada mereka dari karunia-Nya. Dan orang-orang yang kafir bagi mereka azab yang sangat keras.”

Begitulah Allah menjamin kekuatan doa.

Dalam hidup berumah tangga, siapa yang tak ingin bahagia. Namun, masalah kadang membuat rumah tangga oleng. Bak perahu, kadang harus menghadapi arus deras yang dapat membuat perahu terbalik.

Bagi yang siap mengantisipasi, perahu akan bsa seimbang lagi, tapi bagi yang tidak siap apalagi ada lobang di perahu, risiko akan tenggelam. Maka selain berikhtiar agar perahu tetap seimbang, berdialog dengan Allah lewat doa sangat dibutuhkan. Berikut beberapa doa untuk keutuhan berumah tangga:

1. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Agar Mudah Mendapatkan Rezeki.

“Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin.”

Artinya: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama.” (QS. al-Ma’idah: 114)

2. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Rasa Kasih Sayang Antara Suami Istri.

“Wa’alqaitu alaika mahabbatamminnii walitushna’a alaa ainii.”

Artinya:“Dan aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu; dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” (QS. Thaha: 39)

3. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Untuk Mendapatkan Keturunan.

“Wazakariyyaa idznadaa robbahuu robbi laa tadzarni faaroda wa anta khoirul waarisiin.”

Artinya:“Ya Tuhanku, janganlah engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan engkaulah pewaris yang paling baik.” (QS. al-Anbiya: 89)

4. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Untuk Melembutkan Hati Pasangan Maupun Mertua.

“Maa anzalnaa alaikal qur’aana litastqoo. Illa nadzkiratalliman yakhsyaa. Tanziilammimman kholakol ‘ardho wassamaawaatil ‘uula. Arrohmaanu ‘alaa ul ‘arsyi ‘ustawaa.”

Artinya:“Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Al-Qur’an ini supaya engkau celaka (menyusahkan engkau)! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Al-Qur’an) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi. Tuhan yang pengasih, di atas singgasana Dia bersemaya (berkuasa). Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya dan apa yang ada di bawah tanah.” (QS. Thaha: 2-5).

5. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Ketaqwaan Anggota Keluarga.

“Robbanna hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a’yun, waajalnaa lilmuttaqiina imaama.”

Artinya:“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai kebahagiaan hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertaqwa”. (QS. Al-Furqan: 74)

6. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Agar Terbebas Dari Niat Jahat Manusia.

“Man’jaa’a bil hasanati falahuu khoirumminha wa man’jaa’a bissay’aatii fala yuj’zaallaziina ‘amilussayi’aati illa maa kaanu ya’malun.”

Arti: “Sesiapa yang datang membawa amal baik (pada hari akhirat) maka baginya balasan yang lebih baik dari padanya; dan sesiapa yang datang membawa amal jahat, maka mereka yang melakukan kejahatan tidak dibalas melainkan dengan apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al-Qasas: 84)

7. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Agar Dipermudah Segala Rencana Hidup

“Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi’ lanaa min ‘amrinaa rosyada.”

Artinya:“Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.” (QS. Al-Kahfi: 10)

8. Doa terhindar dari cemburu berlebihan

Bismillah, Allahumma daawini bidawaaika, wasyfini bisyifaaika, wa aghnini bifadhlika ‘amman siwaaka, wahdzar ‘anni aadzaka

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah obatilah aku dengan pengobatan-Mu, dan sembuhkanlah aku dengan kesembuhan-Mu. Cukupilan aku dengan karunia-Mu, jangan sampai aku meminta kepada selain-Mu, dan jauhkanlah aku dari penyakit-Mu.

Demikian beberapa doa kebahagiaan rumah tangga. Jangan lupa untuk saling tolerasi satu sama lain, terima kekurangan dan kelebihan pasangan masing-masing, karena itulah pasangan hidup yang dipercayakan Allah kepada kita. Bila ada persoalan dalam rumahtangga, yakinilah, pasti ada jalan keluarnya. Wallahu A’lam Bisshowwab.

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *