Astaghfirullah, Muncul Semburan Gas Beracun di Pesantren Al Ihsan Pekanbaru , Santri Diungsikan

Mediadakwahislami.com—(Sindonews.com) Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau telah memeriksa semburan gas di Pondok Pesantren Al Ihsan, Kota Pekanbaru. Hasil pemeriksaan sementara diketahui gas keluar dari dalam tanah merupakan berbahaya.

Tim merekomendasikan gas berbahaya itu segara ditangani secepat mungkin. Saat ini warga dan santri yang berada di lokasi juga sudah dievakuasi.

“Tim ESDM sudah mengecek lokasi. Ditemukan pada jarak 5 meter kandungan LEL 13 persen dan H2S 1ppm. Artinya gas tersebut cukup berbahaya, potensi terbakar dan beracun,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Pemprov Riau, Chairul Rizki, Jumat (5/2/2021).

Semburan gas di Pondok Pesantrean Al Ihksan, berjarak 180 meter dari pipa perusahaan gas PT EMP Bentu dan berjarak 1 kilometer dari sumur gas EMP Bentu.

“Langkah yang sudah kami lakukan mengukur kandungan Lower Explosive Limit (LEL) dan H2S di lokasi semburan. Menginstruksikan kepada pengelola pondok agar melokalisasi area semburan dan melarang siapapun mendekat,” ujar mantan Karo Humas Pemprov Riau.

Sembuaran gas muncul pada Kamis, 4 Febuari 2021. Sampai saat ini gas masih terus menyembur. Lokasi semburan gas merupakan pengeboran sumur air untuk pesantren.

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *