Puasa Rajab 2021 Jatuh pada Tanggal Berapa? Lengkap Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa Rajab

Mediadakwahislami.com—(TribunJatim.com) Tak terasa sebentar lagi akan memasuki bulan Rajab. Dalam kalender Hijriyah atau kalender Islam, bulan Rajab menandakan telah dekatnya Bulan Ramadhan. Bulan Rajab ialah bulan ketujuh dalam kalender Hijriyah atau kalender Islam.

Berdasarkan kalender Islam 1442 Hijriah, Tahun ini 1 Rajab jatuh pada 13 Februari 2021. Banyak amalan yang dapat kamu lakukan di bulan Rajab ini, di antaranya puasa Rajab. Untuk melakukan puasa sunnah di bulan Rajab, harus didahului dengan niat puasa Rajab:

Bacaan niat Puasa Rajab. Ada dua niat yang biasanya digunakan untuk Puasa Rajab.

1. Jika kita niat berpuasa sejak malam hari, maka lafadz niatnya sebagai berikut;

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghadin ‘an ada-i sunnati rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab besok hari karena Allah Ta’ala.”

2. Jika berniat pada siang hari sebelum masuk waktu Dzuhur, maka lafadz niatnya sebagai berikut;

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma hazal yaumi ‘an ada-i sunnati rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah Ta’ala.”

Apabila kamu lupa berniat atau melafalkan niat puasa Rajab di malam harinya, kamu boleh menyusul pelafalan niat puasa Rajab ketika ingat atau saat hari itu juga. Kewajiban berniat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajin.

Sedangkan untuk puasa sunnah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh kamu belum makan, minum, dan melakukan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh. Ketentuan menjalankan puasa ini sama dengan puasa lain, seperti berniat dan menahan haus, lapar, serta hawa nafsu dari terbit fajar saat azan Subuh hingga hingga azan Magrib.

Bedanya hanya pada waktu pengerjaannya yang dilakukan di 10 hari pertama bulan rajab dan Lafazd niat yang berbeda dengan niat puasa lainnya. Selain itu niat puasa sunah ini juga boleh dilakukan saat pagi atau siang hari ketika sudah melewati waktu subuh.

Salah satu peristiwa penting dalam bulan Rajab adalah Isra’ Mi’raj. Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7 untuk menerima perintah sholat dari Allah SWT. Kisah tersebut terjadi pada suatu malam pada tanggal 27 Rajab.

Pada 27 Rajab, umat Islam menyambut Isra’ Mi’raj dengan penuh suka cita. Berbagai ibadah dilakukan seperti dzikir, doa, salat sunnah dan puasa Rajab. Namun, puasa Rajab nampaknya masih menjadi perdebatan antar ulama mengenai hukum menjalankannya. Wallahu A’lam Bisshowwab.

Lihat artkel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *