Cak Nun Buka Suara Soal Abu Janda

Mediadakwahislami.com—(Republika.co.id) KH Emha Ainun Najib atau Cak Nun menanggapi cicitan Permadi Arya alias Abu Janda yang menyebut Islam adalah agama arogan. Sebelumnya, Cak Nun menggarisbawahi, ada dua prinsip yang dia gunakan dalam tanggapannya.

Cak Nun mengikuti apa yang Sayyidina Ali pernah katakan, yaitu tidak penting orang yang mengucapkan tapi yang terpenting adalah perkataannya. “Tuhan mengatakan janganlah kebencianmu kepada seseorang menjadikanmu berbuat tidak adil. Itu juga berarti janganlah kecintaanmu atau persahabatanmu dengan seseorang membuat kamu bersikap tidak adil. Nah, ini harus saya patuhi. Jadi, apa yang saya ucapkan bukan karena benci atau tidak,” kata Cak Nun dalam video bertajuk “Abu Janda, Abu Bakar, Abu Gosok” di kanal Youtube CakNun.com.

Ada beberapa hal yang Cak Nun soroti dalam cicitan Abu Janda. Pertama, sebelum membahas Islam adalah agama arogan, sebaiknya perlu mengetahui apa yang dimaksud agama dan Islam.

“Sekarang saya tanya yang dimaksud agama itu apa? Sasarannya ke manusia atau ke Tuhan? Kemudian arogan itu bisa muncul karena apa?” ujar dia.

Cak Nun menjelaskan Islam tidak bisa disebut arogan lantaran Islam adalah nilai. Islam adalah sistem berpikir dan sistem sosial atau suatu alat yang bisa digunakan manusia atau tidak.

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *