Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Jangan Takut Uang Habis

Mediadakwahislami.com—(Detik.com) Umat Muslim mengistimewakan hari Jumat. Seperti dalam HR Muslim, bahwa hari Jumat adalah hari baik.

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah Hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR Muslim).

Karena hari baik, salah satu yang dianjurkan pada hari Jumat yakni bersedekah. Sedekah sebenarnya dapat dilakukan kapan saja.

Intinya bersedekahlah dengan ikhlas dan mengharapkan ridha-Nya.

Namun bersedekah pada hari Jumat sangat dianjurkan karena keutamaannya dan faedahnya yang luar biasa, seperti dilansir buku ‘Cantik dengan Sedekah karya Indrita R. Dani & Muthia Esfand’.

Keutamaan sedekah hari jumat yakni setiap hari Jumat para malaikat melaporkan segala amat perbuatan yang telah dikerjakan. Dengan bersedekah pada hari Jumat dapat menghapus maupun meringankan dosa yang telah diperbuat.

Sedekah sebenarnya bisa ditujukan kepada siapa saja sepanjang tujuannya baik dan mengharap ridha-Nya. Namun ada beberapa golongan yang lebih diutamakan yakni:

1. Guru.
2. Orangtua.
3. Yatim.
4. Keluarga.
5. Orang miskin.
6. Orang dalam perjalanan.

Ibnul Qoyyim, putra Abu Bakar, dalam buku Panduan Amalan Hari Jumat karya Mahmudin, berkata, “Sedekah pada hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan.

Imam mahzab, Imam Syafii juga berkata tentang keajaiban sedekah.

“Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).


Dalam Al Quran juga disebutkan pahala berlipat ganda jika kita bersedekah.

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ – ١٨

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS Al Hadid ayat 18).

Hadits sedekah juga disebutkan dalam HR Bukhari dan Muslim:

“Jagalah diri kali dari neraka sekalipun hanya sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.” (HR Bukhari dan Muslim).

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *