Astaghfirullah! Beredar Foto Tidak Benar Tentang UAS Divaksin, Ini Penelusuran Tim Cek Fakta!

Mediadakwahislami.com—(Liputan6.com) Tim Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim Ustaz Abdul Somad sedang di suntik vaksin. Foto yang diklaim Ustaz Abdul Somad sedang di suntik vaksin tersebut diunggah akun Facebook Mbom Lung, pada 24 Januari 2021.

Unggahan berupa tangkapan layar artikel “RADAR PETAMBURAN” berjudul “Kesan SOmad Saat Divaksin: Ndak Terasa Sakit, Tak Sesakit Ditinggal Pas Lagi Sayang-Sayangnya” yang dimuat pada Kamis,21 Januari 2021. Dalam tangkapan layar tersebut terdapat foto yang menampilkan sosok berwajah identik dengan Ustaz Abdul Somad sedang disuntik oleh dua orang yang diduga petugas medis.

Pada foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut: “Woi drun.nih ustad kalian udah Tobat drun..kini giliran kalian mau di vaksin apa mau disuntik mati drun??”

Benarkah klaim foto Ustaz Abdul Somad sedang divaksin? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta. Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ustaz Abdul Somad sedang divaksin, dengan menggungakan Google Image. Penelusuran mengarah pada sejumlah situs yang menampilkan foto identik dengan klaim, di antaranya artikel berjudul “Elderly people likely to be excluded from COVID-19 vaccination push” yang dimuat situs thejakartapost.com, pada 22 Desember 2020.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut: “Health workers administer a COVID-19 ‘vaccine’ during a vaccine drive simulation at Udayana Military Command in Denpasar, Bali, on Dec. 10. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)”

Artikel situs thejakartapost.com memuat foto yang identik dengan klaim, persamaannya terdapat pada dua orang mengenakan baju hijau yang diduga sedang menyuntik dilengan sebelah kiri, latar belakang foto, serta pakaian yang dikenakan dan posisi tangan. Sedangkan perbedaanya adalah wajah orang yang sedang disuntik, dalam foto tersebut terlihat bukan wajah Ustaz Abdul Somad.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul “Untung Rugi Vaksin Gratis untuk Masyarakat” yang dimuat situs republika.co.id, pada 15 Desember 2020.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut: “Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) saat simulasi di lingkungan Kodam IX Udayana, Denpasar, Bali, Kamis (10/12/2020). Simulasi tersebut digelar sebagai persiapan penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang rencananya digelar pada Januari 2021.”

Artikel situs republika.co.id juga memuat foto yang identik dengan klaim, namun terdapat perbedaan pada bagian wajah, dalam foto tersebut bukanlah wajah Ustaz Abdul Somad.

Kesimpulan. Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Ustaz Abdul Somad sedang divaksin tidak benar. Foto tersebut telah diedit, dalam foto sebenarnya adalah petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) saat simulasi di lingkungan Kodam IX Udayana, Denpasar, Bali.

Lihat artikel asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *