Hari Senin Amalan Diperiksa, Perbanyak Amalan Ini Jika Kamu Belum Bisa Berpuasa!

Mediadakwahislami.com–Sebuah penelitian dari The European Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa detak jantung seseorang akan semakin meningkat di hari Senin. Hal itualah yang menyebabkan banyak orang yang ogha-ogahan menghadapi hari Senin. Pasalnya banyak para orang yang bekerja harus kembali merasakan stres setelah beristirahat dua hari.

Ini yang perlu Muslim perhatikan, hari senin merupakan hari dimana seluruh catatan amal manusia mulai hari jumat sampai senin dibawa oleh malaikat kelangit untuk dilaporkan kepada Allah subhanahu wata’ala.

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam, “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Disetiap pagi Rasulullah tidak pernah lupa untuk berdoa meminta ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan juga diterimanya amal yang Beliau kerjakan. Berikut doa yang Rasulullah baca disetiap pagi untuk mengawali harinya.

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyibaa wa ‘amalan mutaqobbalaa“.
Artinya: “Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyyib dan amalan yang diterima” (HR. Ibnu Majah no. 925, shahih).

Untuk kamu yang sedang tidak berpuasa karena berhalangan ataupun karena tidak sahur, maka perbanyaklah mengamalkan amalan sunnah sebanyak-banyaknya. Sebagai contoh yaitu membaca Al-Qur’an, zikir, shalawat kepada Rasulullah, dan perbayaklah istighfar supaya catatan amal yang dilaporkan berisikan catatan amal kebaikan. Wallahu A’lam Bishowab.

Sumber: detik.com, akurat.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *