“Tak Boleh Ada Lagi Hukum Hanya Tajam Kebawah & Tumpul Keatas” Pernyataan Calon Kapolri Komjen Listyo

Mediadakwahislami.com—Dikabarkan, setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan, Komisi III DPR menyetujui Komjen PoL Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Aziz. Dalam kesempatan itu semua fraksi di Komisi III DPR setuju, alias tidak ada fraksi yang menolak.

Dalam acara tersebut Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa akan memegang amanahnya dengan baik dan adil. Tidak boleh lagi ada hukum hanya tajam ke bawah, tapi tumpul keatas.

“Penegakan hukum harus tegas namun humanis. Kepemimpinan saya nanti jadi fokus utamanya mampu menghadirkan wajah Polri yang berikan masyarakat penegakan hukum yang berbasis keadilan, menghormati HAM dan mengawal demokrasi,” kata Listyo. dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri dengan Komisi III DPR RI, Rabu 20 Januari 2021.

Tak hanya itu, Komjen Listyo Sigit juga akan mengedepankan mekanisme pelanggaran hukum berbasis elektronik atau elektronik tilang (ELTE). Sementara itu, tugas polisi lalu lintas (polantas) yang turun ke jalan hanya mengatur lalu lintas. Hal ini rencananya akan diterapkan secara bertahap.

“Penindakan pelanggaran lalin (lalu lintas), secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau biasa disebut ELTE,” kata Listyo.

Listyo menjelaskan, ELTE tersebut bertujuan untuk mengurangi interaksi dalam proses penilangan. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghidari terjadinya penyimpangan dalam penilangan yang dilakukan oleh polisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *