Berikut Biografi Calon Kapolri Baru Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Mediadakwahislami.comā€”Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo telah mendapat persetujuan dari Komisi III DPR untuk menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz pada Rabu, 20 Januari 2021 lalu.

Berikut biografi Listyo Sigit Prabowo: Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Dia paling junior di antara 5 calon Kapolro. Listyo Sigit Prabowo lahir di Ambon, Maluku, pada 5 Mei 1969.

Dikenal dekat dengan Presiden Jokowi karena pernah menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011, saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kedekatan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dan Jokowi berlanjut ketika Jokowi menjadi Presiden. Pada 2014, Listyo Sigt Prabowo pun menjadi ajudan Jokowi. Setelah tidak menjadi ajudan Jokowi, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menduduki sejumlah jabatan di kepolisian. Yakni Kapolda Banten pada 2016-2018 dan Kadiv Propam Polri pada 2018-2019, sebelum diangkat menjadi Kabareskrim.

Listyo Sigit Prabowo mulai menjabat sebagai Kabareskrim pada 6 Desember 2019. Ia menggantikan Kapolri saat ini, Jenderal Polisi Idham Aziz yang saat itu dilantik menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

Listyo Sigit Prabowo bakal menjadi Kapolri beragama Nasrani ketiga sejak Indonesia merdeka. Sebelumnya kapolri selang tahun 1963-1965 dijabat oleh Jenderal Pol Soetjipto Danoekoesoemo, beragama Kristen. Lalu Kapolri periode 1984-1978 dijabat oleh Jenderal Pol Widodo Budidarmo, juga beragama Kristen. (JawaPost)

Ada sejumlah peristiwa yang menyedot perhatian publik selama masa kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo di Bareskrim. Salah satunya adalah penangkapan terpidana kasus Bank Bali Djoko Tjandra yang telah buron selama 11 tahun. Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo juga membongkar praktik suap terkait pelarian Djoko Tjandra yang ternyata melibatkan Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Napoleon Bonaparte dan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Prasetijo Utomo.

Kemudian, pada Desember 2020, Bareskrim menangkap dua pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan yang terkatung-katung sejak April 2017. Namun, Tim Advokasi Novel menilai ada kejanggalan dalam proses hukum terhadap kedua pelaku tersebut.

Berikut ini riwayat karier Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo:
Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Personel Polda Metro Jaya.
Kepala Kepolisian Resor Pati (2009).
Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo (2010).
Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang.
Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta (2011).

Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri (2012)..
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara (2013)
Ajudan Presiden RI (2014).
Kepala Kepolisian Daerah Banten (2016).
Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri (2018).
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (2019).

Baca artikel asli klik: Tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *