Muslim, Jangan Lewatkan Hari Seninmu Tanpa Membaca Doa Ini!

Mediadakwahislami.com—Adalah Rasulullah shalallahu alaihi wassalam dalam kesahiarannya pasti tidak pernah luput dari doa-doa, meminta pertolongan kepada Allah Subhanahu wata’ala agar senantiasa diberi bimbingan dalam menjalai hari tersebut. Untuk itu, selayaknya bagi orang yang mengaku umat Beliau haruslah mengikuti sunnah-sunnah yang diwariskannya.

Disetiap pagi Rasulullah tidak pernah lupa untuk berdoa meminta ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan juga diterimanya amal yang Beliau kerjakan. Berikut doa yang Rasulullah baca disetiap pagi untuk mengawali harinya.

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyibaa wa ‘amalan mutaqobbalaa“.
Artinya: “Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyyib dan amalan yang diterima” (HR. Ibnu Majah no. 925, shahih).

Disebutkan oleh Ash-Shan’ani rahimahullah, janganlah jadikan ilmu itu sebagai sesuatu beban yang berat bagi kita, yaitu jangan sampai memberatkan dalam hisab dan jangan sampai berat karena menjadi dosa (yaitu ketika ilmu itu diselisihi, pen.). Karena amal shalih jika tidak dilakukan ikhlas untuk mengharap wajah Allah, maka berubah menjadi dosa. Disebutkan dalam Subul As-Salam, 1: 90.

Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan dalam Minhah Al-‘Allam fi Syarh Bulugh Al-Maram, ilmu jika tidak diamalkan, maka akan menjadi ‘wabal’ (musibah). Do’a ini sangat bagus sekali karena berisi permintaan agar kita diajarkan ilmu yang bermanfaat dan ilmu kita bermanfaat.

Juga yang dimintakan oleh Ibnu Hajar yang kedua adalah agar dijauhkan dari amal yang tidak diridhai. Karena amal yang diridhai adalah kebahagiaan dunia dan akhirat. Lihat Minhah Al-‘Allam, 1: 18. Wallahu A’lam Bisshowwab. (Sumber: Rumaysho.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *