Allahul Musta’an.. Puluhan Santri di Cilacap Terpapar Covid-19, Doakan!

Mediadakwahislami.com—Allahul Musta’an (hanya kepada Allah lah tempat meminta tolong) virus Covid-19 kembali menyerang puluhan santri di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Sebelumnya pernah terjadi, ratusan santri dari tiga pesantren terpapar Covid-19, kini puluhan santri di pondok pesantren yang berada di Desa Cibeunying, Kecamatan Majenang, dinyatakan positif terpapar virus ini.

“Sejauh ini, ada 88 santri yang terpapar Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pramesti Griana Dewi, Ahad (17/1).

Dewi memaparkan, diketahui dari hasil tes yang dilakukan terhadap 147 santri, sebanyak 88 santri dinyatakan positif terpapar. Sementara 54 santri lainnya dinyatakan negatif, lima orang masih menunggu hasil tes dan ada 10 santri yang harus melakukan uji usap ulang untuk memastikan hasilnya.

Perihal tesebut, kata Dewi, dari hasil tersebut, pihaknya telah melaksanakan upaya demi mencegah penyebaran lebih luas virus tersebut. Diantaranya dengan menyemprotkan disinfektan di sekitar lingkup pesantren, dan membuat ruang isolasi untuk santri yang positif.

Camat Majenang Iskandar Zulkarnain mengungkapkan, sebagian besar santri yang terpapar tidak menunjukkan gejala. Namun, demi menghindari penyebaran virus tersebut pada santri lain dan masyarakat sekitar, pihaknya sudah melakukaan isolasi pada santri yang menunjukkan hasil positif.

“Petugas kesehatan sudah memilah-milah, mana santri yang mengalami gejala dan harus dirawat di rumah sakit, dan juga santri yang tidak menunjukkan gejala,” ujarnya.

Iskandar melanjutkan, santri yang positif Covid-19 tapi tanpa gejala diisolasi di asrama santri di pesantren tersebut. Kemudian Ketua Gugus Tugas Covid-19 pesantren dan instansi terkait yang bertanggung jawab dalam pemantauan terhadap kondisi para santri itu.

Baca selengkapnya klik: Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *