BMKG Buka Suara, Bencana di Indonesia Berpotensi Hingga Bulan Maret

Mediadakwahislami.com—Hasbunallah wani’mal wakil (cukup Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung), bencana alam mulai datang silih berganti di tanah Indonesia yang tercinta ini.

Mengutip media surat  kabar Arrahmah.com, berbagai macam bencana alam diperkirakan akan terjadi hingga bulan Maret tahun 2021 ini. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan potensi multirisiko bencana tersebut. Puncak bencana diperikan terjadi karena cuaca pada Januari hingga Februari.

“Sampai Maret masih ada potensi multirisiko, tapi untuk hidrometeorologi puncaknya pada Januari-Februari,” kata Dwikorita dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/1/2021).

Dwikorita mengatakan bencana alam yang melanda tanah air tidak  hanya banjir, melainkan adanya potensi gempa yang terjadi di sejumlah daerah. Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada karena bencana bisa datang secara tiba-tiba. “Tapi seiring dengan itu, potensi kegempaan juga meningkat. Mohon kewaspadaan masyarakat,” ujar Dwikorita.

Untuk itu marilah kita melazimi doa yang Rasulullah ajarkan agar terhindar dari mara bahaya yang disebabkan keburukan makhluk-makhluk Allah Subhanahu wata’ala. Berdasarkan hadits dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu mengatakan, ‘Saya mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, ‘Barang siapa yang membaca,

BISMILLAHIL LADZI LAA YADHURRU MA’AS MIHI SYAI’UN FIL ARDHI WA LA FIS SAMAA’I WAHUWAS SAMII’UL ‘ALIIM”
Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)

(Barang siapa yang mengucapkannya) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya (membahayakan dirinya)” (HR. Abu Daud: 5088, dan Tirmidzi: 3388). Wallahu A’lam Bisshowab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *