Muslim Jika Kamu Melihat Atau Mendengar Ada Musibah, Baca Doa Ini Segera!

Mediadakwahislami.com—Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al-qur’an yang menerangkan bahwasanya setiap makhluk ciptaanNya yang bernyawa pastilah akan mati dan setiap manusia akan diberikan cobaan dalam hidupnya.

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS: Al-Anbiya ayat 35).

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengajarkan kepada umatnya, apabila seorang muslim melihat ataupun melihat orang lain yang tertimpa musibah atau mendapat cobaan, hendaklah membaca doa yang diajarkan Nabi berikut ini.

“Alhamdulillahilladzi ‘afani mimmabtalaka bihi, wa faddhalani ‘ala katsirin mimman khalaqa tafdhila.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.” (HR. Tirmidzi, no. 3431; Ibnu Majah, no. 3892).

Rasulullah menjelaskan, bahwa barang siapa yang melihat orang yang tertimpa musibah kemudian mengucapkan doa ini, maka dengan izin Allah ia diselamatkan dari ujian tersebut, apapun hal tersebut selama ia masih hidup.

Namun yang perlu diingat, doa tersebut hendaklah diucapkan dengan pelan sehingga tidak terdengar oleh yang mendapat musibah, berdasarkan riwayat dari Abu Ja’far bin ‘Ali bahwa ia berkata, “Jika ada yang melihat yang lainnya tertimpa musibah, maka memintalah perlindungan (pada Allah) darinya. Hendaklah ia mengucapkan bacaan tadi, namun jangan sampai didengar oleh orang yang tertimpa musibah.” Wallahu A’lam Bisshowwab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *