Doa Inilah yang Diajarkan Nabi Saat Mendapat Musibah Ataupun Cobaan

Mediadakwahislami.com—Inna lillahi wa inna ilaihi rooji’un, beberapa daerah di tanah air ini sedang dilanda berbagai musibah, mulai dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, tanah longsor di Sumedang, banjir yang menenggelamkan rumah-rumah di Kalimantan Selatan, dan baru-baru ini gempa bumi mengguncang tanah Sulawesi Barat.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya’, ayat 35 yang artinya: “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS: Al-Anbiya: 35).

Tidak lain dan tidak bukan, musibah yang Allah kehendaki untuk makhlukNya adalah sarana ujian dan pembawa peringatan bahwasanya semua yang ada di dunia ini Allah lah yang Maha Menguasai. Maka Allah perintahkan hambanya untuk merenungi supaya kembali untuk bertakwa kepadaNya.

Rasulullah shalallu alaihi wasallam mengajarkan doa kepada ummatnya apabila dalam perjalanan hidup di dunia ini dipertemukan dengan berbagai musibah dan cobaan. Berikut doa yang diajarkan Beliau. “Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

Melansir NU Online, dalam hadis Shahih Muslim disebutkan bahwa barangsiapa membaca doa tersebut, niscaya Allah akan memberinya pahala dalam musibahnya dan memberinya ganti yang lebih baik daripadanya. (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *