Awas! Perbuatan Ini Dapat Merusak Akhlak Baik, Muslim Wajib Tau!

Mediadakwahislami.com— Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara kalian.” (HR. Tirmidzi no. 1941. Dinilai hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jaami’ no. 2201.)

Mengutip postingan yang diunggah akun Instagram @aagym, dalam unggahan tersebut Aa Gym menjelaskan suatu sifat yang dapat merusak akhlak baik kita, yaitu sifat sombong. Karena sifat sombong akan menutup pelakunya dari kebenaran lantaran ia selalu merasa benar dengan perbuatannya.

“Apalagi penyakit yang jangan pernah ada pada diri kita, yang merusak akhlak kita, (yaitu) sombong. Orang yang sombong pasti tidak nyaman dengan dirinya, karena dirinya sudah merasa kebenaran. Orang yang sombong itu merasa dirinyalah kebenaran, ngomong pasti merasa ingin menang sendiri, terang Aa gym.

“Pokoknya orang sombong itu cirinya adalah, terus saja merasa paling benar dan orang lain pasti salah. Tidak mau disalahkan dan suka menyalahkan. Makanya orang yang sombong itu sangat tidak nyaman dengan dirinya, akibatnya kalau kita tidak nyaman dengan diri kita, wajah kita itu tidak nyaman dilihat, omongan kita tidak nyaman didengar, tulisan kita tidak nyaman dibaca, bahkan diam bergerka kita tidak nyaman disaksikan,” lanjutnya.

“Sahabatku sekalian, tentu kita harus bisa berhati-hati dalam menjaga diri agar tidak terhanyut dalam keburukan. Begitu juga dengan perilaku Sombong. Dan akan sangat rugi dan tidak nyaman, orang yang di dalam dirinya terdapat rasa sombong,” tulisnya dalam kolom postingan yang diunggahnya. Wallahu A’lam Bisshowab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *