Muslim, Raih Keberkahan Jum’atmu Dengan Sunnah Nabi Berikut Ini!

Mediadakwahislami.com—Siapa sih yang tak mau harinya dipenuhi dengan keberkahan, tidak ada. Kehidupan yang penuh keberkahan merupakan keinginan semua umat muslim diseluruh dunia. Keberkahan itu datang karena seorang hamba selalu mempersiapkan diri dalam harinya dengan amalan sunnah yang dicontohkan Nabi Sholallahu alaihi wasallam. Berikut ini adalah amalan sunnah yang Nabi anjurkan dihari jum’at, agar meraih keberkahan dari Allah Ta’ala.

Memperbanyak shalawat Nabi di hari Jum’at. Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1673.)

Dianjurkan membaca Surat Al Kahfi. Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at”. Dalam lafazh lainnya dikatakan. (HR. Hakim. Beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih). Hadits yang “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah).” (HR. Ad Darimi no. 3407. Syaikh Husain Salim Asad mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sampai Abu Sa’id dan mauquf padanya).

Thoharoh (bersuci) meliputi: memotong kuku, mandi besar, bersiwak (sikat gigi), memakai pakaian yang terbaik, memakai wewangian. “Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum Beliau pergi salat jumat.” (H.R Al-Baihaqi dan At-Thabrani).

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mandi di Hari Jumat wajib bagi setiap orang yang sudah baligh/dewasa.” (H.R Bukhari dan Muslim). Hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli dua buah pakaian untuk salat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja.” (H.R Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Barangsiapa yang mandi di hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat.” (H.R Bukhari dan Muslim).

Memperbanyak do’a di hari Jum’at. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jum’at lalu ia bersabda, “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.( HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah.) Wallahu A’lam Bishowab.

Sumber: Muslim.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *