Astaghfirullah! Kalimantan Selatan Dilanda Banjir, Ketinggian Air Capai 3 Meter

Mediadakwahislami.com—Curah air hujan yang tinggi dan terus mengguyur secara merata di daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) menyebabkan banjir di beberapa kabupaten dan kota, banjir semakin parah dengan ketinggian air mencapai 2 hingga 3 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Mujiyat menyampaikan, luapan air yang menyebakan banjir itu terparah terjadi di dua kabupaten yaitu Banjar dan Tanah Laut.

“Sejak tadi malam hingga sepanjang siang hari ini hujan masih mengguyur dengan intensitas cukup tinggi, sehingga debit air tak menyurut bahkan terus meninggi,” ungkap Mujiyat di Martapura, Rabu (13/1). Seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Dari peristiwa ini, ribuan rumah di 10 kecamatan terendam banjir. Berdasarkan informassi, di Kabupaten Banjar, daerah yang terendam banjir terdapat ketinggian air bervariasi. salah satu yang terparah ketinggian airnya adalah Kecamatan Pengaron, dengan ketinggian air mencapai dua hingga tiga meter.

Mujiyat juga menyampaikan, seluruh tim SAR gabungan kini bersama-sama melakukan proses evakuasi warga. Ia mengatakan bahwa anak-anak, wanita dan lanjut usia menjadi prioritas evakuasi. “Kami ingatkan masyarakat agar mau dievakuasi karena kondisi banjir saat ini belum ada tanda-tanda surut lantaran hujan yang terus terjadi,” tegasnya.

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa dari bencana banjir yang melanda daerah tersebut. Maka dari itu, Mujiyat menegskan pentingnya kesigapan petugas melakukan evakuasi dengan cepat.

“Ada beberapa warga yang kedapatan tengah sakit dan terbaring lemah di rumah. Ini juga jadi prioritas kami dievakuasi dan langsung dibawa ke rumah sakit atau tempat lebih aman,” tandas Mujiyat.

Sumber: CNNIndonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *