Alhamdulillah! Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Sudah Ditemukan & Diangkat!

Mediadakwahislami.com—TNI Angkatan Laut berhasil menemukan Black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 bagian Flight Data Recorder (FDR) pada Selasa (12/1). Black box FDR diangkat dari dasar laut sekitar pukul 16.00 WIB. Sementara bagian Cockpit Voice Recorder (CVR) masih dalam pencarian.

“Bahwa FDR sudah ditemukan dan dilaporkan pula bahwa ada sinyal kedua, artinya VCR masih perlu dicari,” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kemudian Black box FDR telah diserah terimakan kepada Kepala KNKT dan DVI Polri untuk diinvestigasi lebih lanjut mengenai kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1). Seperti dilansir CNNIndonesia.

Apa itu Black Box? Black box pesawat adalah istilah populer dalam industri penerbangan yang merujuk pada kompenen perekam data elektronik. Situs Flightradar24 menyebutkan, black box atau kotak hitam pesawat biasanya menggunakan CVR (Cockpit Voice Recorder) atau FDR (Flight Data Recorder) atau kombinasi keduanya.

Pada saat pesawat terbang, FDR terus merekam beragam data tentang semua aspek penerbangan pesawat seperti kecepatan atau ketinggian terbang, percepatan vertikal, hingga aliran bahan bakar. Sementara CVR merekam percakapan dalam kokpit dan suara lain, seperti transmisi radio serta alarm otomatis. Jika terjadi masalah pada pesawat, seperti kecelekaan, maka data dari black box pesawat dapat membantu merekonstruksi apa yang sebenarnya terjadi—Kompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *