Pemerintah Akan Tanggung Biaya Perwatan Jika Ada Efek Samping Setelah Divaksinasi C0vld-l9

Mediadakwahislami.com—Diketahui Pemerintah akan segera memulai program vaksinasi Covid-19 secara bertahap selama 15 bulan ke depan. Sebagai tanda dimulainya vaksinasi, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 pada 13 Januari 2021 mendatang.

Berdasarkan informasi, proses distribusi vaksin ke daerah-daerah guna memperlancar proses vaksinasi sejauh ini telah dilakukan oleh pemerintah. Kemudian, selain telah memastikan keamanan, kehalalan, dan keefektivitas vaksin, pemerintah juga telah mempersiapkan mekanisme untuk mengantisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Bahkan Menurut Komnas KIPI, pemerintah akan menanggung semua biaya apabila ada pasien yang mengalami gangguan kesehatan yang diduga akibat KIPI.

“Semua biaya akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah atau sumber pembiayaan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti tertera dalam Peraturan Menteri Kesehatan No 12 tahun 2017,” ucap Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Hindra Irawan Satari seperti dilansir Kompas.com, Jumat (8/1/2021).

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *