Lucu!! UAS Ditanya, Apa Hukumnya Beristri Lebih Dari Empat? Lihat Jawaban Beliau!

Mediadakwhislami.com—Ustadz Abdul Somad (UAS) dikenal sebagai ulama ternama di Indonesia. UAS kerap dipanggil untuk memberi tausiyah kepada jamaah. Beliau memiliki ciri khas dalam menyampaikan kajiannya yang kerap mengundang gelak tawa.

Bukan hanya kajian ilmu hadits dan fiqih, ulama bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara ini juga kerap mengangkat isu kebangsaan dan berbagai persoalan lain di Indonesia. Dalam setiap ceramahnya, UAS tak jarang memberikan sesi tanya jawab seputar islam kepada para jamaah yang ingin bertanya kepadanya.

Pada suatu kesempatan sesi tanya jawab, seorang jamaah bertannya kepada UAS perihal hukum fikih pernikahan, pertanyaan yang dianggap lucu ini sontak membuat UAS dan jamaah yang lainya tertawa. Berikut pertanyannya.

“Apa hukumnya kalau beristri lebih dari empat? Tanya seorang jamaah yang membuat jamaah lain terpingkal.

UAS menjawab dengan menukil firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Annisa ayat 3.

“Nikahilah perempuan yang baik-baik itu matsna, dua, wa tsulatsa, tiga, wa ruba’, empat. Lebih dari empat, yang kelima berarti….. zina. Tidak sah. Maka perempuan yang kelima itu tidak sah diakui dalam hukum islam. Kalau mau bertambah yang kelima, delete (hapus) yang satu, itu namanya poliganti,” Jawab UAS.

Kemudian UAS mengimbuhi candaannya yang khas.

“Cuman saya khwatirnya yang bertanya ini belum nikah pulak ni, sekarang mau lima.. satu aja payah! Satu aja dululah…. yang kau urus ya! Ya Allah mudah-mudahan jamaah ni bininya satu. Waduh, takut mereka (sambil menunjuk jamaah laki-laki)” pungkas UAS. Wallahu A’lam Bishowab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *