Meski Ganti Nama Polri Akan Tetap Bubarkan FPl? Baca Beritanya!

Mediadakwahislami.com—Polisi Republik Indonesia (Polri) memberikan pernyataan bahwa akan tetap membubarkan aktivitas yang dilakukan anggota maupun simpatisan Front Persatuan Islam, organisasi yang jadi  pengganti Front Pembela Islam (FPI) yang dilarang dan dibubarkan pemerintah.

Mengutip CNNIndonesia.com, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono mengatakan, ormas harus terdaftar secara resmi jika ingin diakui negara.

“Semua ada aturan-aturan sebenarnya, apabila jenis apa FPI baru dan sebagainya itu kalau dia ingin menjadi suatu ormas seharusnya mengikuti aturan-aturan yang berlaku,” uajar Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/1).

Menurut Rusdi, pemerintah memiliki kewenangan untuk melarang bahkan sampai membubarkan kegiatan bila sebuah ormas tidak terdaftar dan tidak mengikuti aturan yang berlaku. Alasannya adalah, perkumpulan dalam kegiatan tersebut tidak memiliki dasar hukum maupun legalitas yang dapat diakui negara sebagai ormas.

“Nanti bisa karena tidak punya dasar hukum dan tidak terdaftar tentunya ini pun bisa menjadi alasan daripada pemerintah untuk membubarkan ataupun melarang daripada kegiatan-kegiatan ormas yang tidak terdaftar,” katanya.

Sedangkan dari pihak Forum Persatuan Islam menyatakan tidak akan mendaftarkan diri sebagai ormas kepada pemerintah. Pengacara FPI Aziz Yanuar menyatakan, pendaftaran diri sebagai ormas saat ini merupakan hal yang belum peting.

Lantaran menurut Aziz, urusan yang terpenting saat ini adalah mengawal Komisi Nasional Hal Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk menuntaskan penyelidikan kasus penembakan terhadap 6 anggota Laskar FPI pada Senin (7/12) lalu. (Sumber: www.cnnindonesia.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *