Ketua MUI Nyatakan Telah Tuntas Periksa Vaksin Sinovac Dari China

Mediadakwahislami.com—Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa dan Urusan Halal Asrorun Niam Sholeh memberikan pernyataan bahwa, segenap auditor halal MUI telah menuntaskan pemeriksaan terhadap vaksin Sinovac asal China. Niam juga menyatakan, pemeriksaan itu dilakukan hingga ke Beijing, China.

“Alhamdulillah, hari ini, Selasa (5/1) tim auditor MUI telah menuntaskan pelaksanaan audit lapangan terhadap vaksin Sinovac, mulai darii perusahaan Sinovac di Beijing dan yang terakhir, di Biofarma Bandung. Pelaksanaan audit lapangan dilanjutkan dengan diskusi pendalaman dengan direksi dan tim, berakhir pukul 15.45 WIBI,” ujar Niam dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (5/1).

Tak hanya itu, sekitar pukul 14.30 WIB melalui surat elektronik, dokumen yang dibutuhkan oleh tim auditor guna menuntaskan kajian pemeriksaan, telah diterima hari ini dari Sinovac.

“Dalam kesempatan pertama, tim auditor akan merampungkan kajiannya dan akan dilaporkan ke dalam sidang Komisi Fatwa,” lanjutnya.

Kemudian Niam menambahkan, setelah menerima laporan, penjelasan, dan pendalaman dengan tim auditor, Komisi Fatwa MUI akan melaksanakan sidang pleno komisi untuk membahas aspek syar’i.

Diketahui sebelumnya, Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Muti Arintawati menyampaikan bahwa masih ada sedikit informasi yang harus disampaikan oleh produsen vaksin Sinovac dari China. (Sumber: republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *