Postingan Facebook, Ribuan Jamaah Sambut UAS Tanpa Mengenakan Masker? Chek Faktanya Disini!

Mediadakwahislami.com—(Suara.com) Pengguna layanan media sosial Facebook dengan nama akun FfyamEnjoy telah membagikan ulang sebuah video yang sebelumnya diunggah oleh akun Fanpage Dunia santri aswaja. Pada video tersebut, terlihat ribuan jamaah tanpa mengenakan masker berbondog-bondong menyambut kedatangan Ustadz Abdul Somad(UAS).

Namun, keterang yang diketik dalam postingan akun Facebook FfyamEnjoy jauh berbeda dengan pernyataan yang dituliskan oleh akun Dunia santri aswaja. Dunia satri aswaja menulis “Siaran ulang Ustaz Abdul Somad”, sedangkan FfyamEnjoy menulis keterangan berbunyi “YA ALLAH INI KAN BAHAYA ADA VIRUS COVID-19 KENAPA DIBIARKAN BAHAYA. APA BAPAK PEMERIBTAHAN TIDAK TAU
ISI CERAMAH UAS MENGHASIT MENGHUJAT
….”.

Mengutip Suara.com, berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id (jaringan Suara.com) keterangan yang ditulis oleh akun FfyamEnjoy adalah hoaks. Faktanya, video tersebut direkam pada saat UAS menghadiri acara tablig akbar di Dayah Seambi Aceh, Kawasan Desa Meunasah Rayeuk, pada 8 Maret 2019 silam.

Kesimpulannya, unggahan video tersebut direkam sebelum pandemi virus Corona muncul. Fakta tersebut berdasar pada video unggahan kanal YouTube FADHILLAH STUDIO yang berjudul “USTADZ ABDUL DOMAD DI SERAMI ACEH 2019,+ RIBUAN JAMAAH_FULHD” yang diunggah pada 9 Maret 2019. Dapat dilihat pada awal video, tepatnya detik ke tujuh, kanal YouTube FADHILLAH STUDIO juga menuliskan keterangan : “Tabligh Akbar Bersama Ust. H. Abdul Somad, Lc, Ma Di Dayah Serambi Aceh Meulaboh, Aceh Barat, 8 Maret 2019,” seperti yang tertulis pada kanal FADHILLAH STUDIO di awal videonya.

Catatan: Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *