ASN yang Terlibat Organisasi Terlarang Akan Dipecat? Baca Beritanya!

Mediadakwahislami.com—(Suara.com) Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan peringatan kepada aparatur sipil negara (ASN) agar tidak terlibat dalam organisasi yang dilarang pemerintah. Walaupun hanya menjadi pendukung, jika ada ASN yang terbukti terlibat, maka akan dipecat.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengaku, pihaknya sudah memberikan arahan kepada seluruh ASN agar tidak terlibat dalam organisasi terlarang. Pasalnya ASN sudah terikat sumpah untuk setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Pemerintah.

“ASN yang setelah diputuskannya sebuah organisasi sebagai organisasi terlarang oleh Pemerintah, namun tetap menjadi anggota, mendukung, terafiliasi atau menjadi simpatisan organisasi tersebut dapat dikenakan sanksi hukuman disiplin tingkat berat,” ujar Paryono lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (2/1/2021).

dalam Pasal 3 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. ASN memiliki kewajiba untuk setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Pemerintah. juga dalam Pasal 10 angka 1 PP Nomor 53 Tahun 2010 mengatur hukuman bagi yang terbukti melanggar  Pasal 3 seperti yang disebutkan di atas.

Jika pelanggaran yang dilakukan berdampak negatif pada Pemerintah dan negara maka akan dikenakan hukuman disiplin tingkat berat. Jenis hukuman disiplin tingkat berat tersebut terdiri dari penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun, pembebasan dari jabatan, pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah,pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS dan pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS. (Sumber: Instagram @suaradotcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *