Masjid Ditutup, Muslim Beijing : “Kemana Lagi Kita Mesti Cari Masjid?”

Mediadakwahislami.com—(Republika.co.id) Sebagai tindakan pengendalian dan pencegahan gelombang baru virus Covid-19 di Ibu Kota China Beijing, Sejumlah masjid ditutup pada Jumat, 1 Januari 2021. Wartawan Antara dan beberapa warga asing yang hendak menghadiri jamaah shalat jumat tekejut begitu tiba di Masjid Dongzhimen Wai pada pukul 13.15 waktu disana (12.15 WIB)

“Kemana lagi kita mesti cari masjid?” tanya seorang warga negara Pakistan kepada temannya setelah membaca pengumuman yang ditempel di pintu masjid di seberang pusat transportasi terpadu Dongzhimen. Penutupan yang terkesan mendadak dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya itu membuat banyak jamaah shalat Jumat yang telanjur mendatangi beberapa masjid kebingungan.

Staf Kedutaan Besar RI di Beijing Riono Utomo yang sudah 25 tahun tinggal di Beijing sampai berkeliling di Distrik Chaoyang untuk mencari masjid yang menggelar shalat Jumat. Begitu ia sampai ke Masjid Yangzha, ternyata tutup. Kemudian Riono bergegas menuju Masjid Changying dengan mengayuh sepeda disambung naik kereta bawah tanah dan bus kota dari Masjid Yangzha, sesampainya disana ternyata juga ditutup.

“Padahal, saya berangkat lebih awal. Di Masjid Changying, ternyata tutup juga,” ujar Riono terengah-engah saat dikontak Antara.

Diketahui penutupan masjid itu kuat kaitannya dengan tindakan pengendalian Covid-19 setelah di Beijing tercatat 104 kasus baru terjadi pada warga di sana selama Desember 2020. Menurut data angka peningkatannya 76,3% dibandingkan pada bulan November. (Sumber: Republika.co.id, Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *