FPl Dilarang, Kapolri Keluarkan Maklumat Pelucutan FPl

Mediadakwahislami.com—(Republika.co.id) Menindaklanjuti pembubaran Front Pembela Islam (FPI) oleh pemerintah. Kapolri Jenderal Idham Aziz dengan segera mengeluarkan maklumat. Kemudian kepolisian di berbagai daerah mulai bertindak berdasarkan maklumat tersebut.

Maklumat Nomor: Mak/1/I/2021 itu melarang masyarakat terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam mendukung dan memfasilitasi kegiatan serta menggunakan simbol dan atribut FPI. Kepada masyarakat kepolisian menghibau untuk melaporkan jika melihat kegiatan yang telah disebutkan. 

Selanjutnya Kapolri juga memerintahkan untuk menurunkan seluruh spanduk, atribut, pamflet, dan lainnya yang terkait dengan FPI. Maklumat juga mengatur agar “Masyarakat tidak mengakses, mengunggah, dan menyebarluaskan konten terkait FPI, baik melalui website maupun media sosial”. 

Mengenai larangan pada poin 2 huruf D, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono menjelaskan, perihal tersebut tidak dimaksudkan untuk membatasi kebebasan berekspresi. “Yang terpenting bahwa dikeluarkan maklumat ini kita tidak artinya itu memberedel berita pers,” jelas Argo Yuwono, di Jakarta, Jumat (1/1). Seperti dilansir Republika.co.id.

Sumber gambar: Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *