UAS kisahkan Sejarah Masuknya Kalender Masehi ke Indonesia, Yuk Baca Kisahnya!

Mediadakwahislami.com— Tahun masehi telah berganti, kini memasuki tahun baru dan bulan baru, Januari 2021. Ada kisah sejarah yang menarik mengenai kalender masehi ini. Adalah Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam sebuah kesempatan ceramahnya, Beliau menceritakan sejarah awal mula pembuatan kalender masehi, sampai kalender itu digunakan resmi di Indonesia.

“Ada seorang Kaisar dari negeri Romawi, Romawi itu sekarang Rum, Eropa. Kaisar ini namnya Kaisar Julian. Kaisar Julian membuat kalender, itulah dia kalender Januari, Februari, Maret, April. Kebetulan saya lahir bulan Mei, apa arti bulan Mei? maybe yes, maybe no”, ujar UAS sambil mengimbuhi candaan.

“Maka setiap bulan-bulan ini ada maknanya, Kaisar Agustinus, nah dibuatnya Agustus. Ada patung kepalanya dua, satu kesana, satu kesana (berlawanan arah). Maka patung itulah dibuat bulan pertama, Namanya Patung Januari. Kenapa Januari dibuat di awal? Karena kepalanya dua, menghadap kesana duaribu Sembilan belas, menghadap ke sana duaribu dua puluh. Ini Kaisar Julian punya nama. Lalu kemudian, Kaisar julian meninggal, Kalender ini diambil oleh Paus di Vatikan, Namanya Paus Gregorius. Dirubah nama kalender ini Bernama Gregorian calendar. Makanya cari di internet Gregorian calendar, karena yang membuatnya Paus Gregorius, dimodifikasinya”, lanjut UAS.

“Ketika PBB, bukan pajak bumi bangunan (kata UAS bercanda), Persatuan Bangsa-Bangsa, kalau bahasa daerahnya United Nation. Nation, bangsa-bangsa. United, persatuan. Manchester United na.. itu sepak bola. Berkumpul bangsa-bangsa, akhirnya PBB mengambil kalender dari Vatikan, Gregorian dipakailah yang dulu sebelumnya kerajaan-kerajaan Goa, Kerajaan Islam di Sumatra,  Kerajaan di Jawa, Memakai kalender Hijriyah Nabi Muhammad saw”, tutur UAS.

“Untuk diseragamkan di seluruh dunia, Indonesia masuk dalam PBB, dikirimlah kalender-kalender itu, maka Abdul Somad pun memakai kalender itu. Abdul Somad lahir tanggal lapan belas Mei. Tahun, biarlah rahasia aja”, tutup UAS sambil memberi guyonan yang membuat jamaah terpingkal. (Sumber: YouTube TAMAN SURGA.NET)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *