Hari Jumat Nih! Taukah Kamu Urutan Memotong Kuku Sesuai Sunnah Nabi? Yuk Chek Lagi!

Mediadakwahislami– Memotong kuku di hari Jumat merupakan sunnah, sudahlah menjadi kearifan mayoritas muslim di seluruh penjuru dunia. Baik untuk Muslimin maupun Muslimah. Namun taukah kamu, urutan memotong kuku yang di sunnahkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam?

Mengutip kitab Almajmu disebutkan bahwa memotong kuku adalah kesunahan yang telah disepakati oleh para ulama, dan untuk urutan memotong kuku disunnahkan dari tangan kanan kemudian tangan kiri, dari kaki kanan kemudian dilanjutkan ke kaki kiri.

Disebutkan dalam kitab Almajmu; “Adapun memotong kuku telah disepakati bahwa hal tersebut adalah sunah, baik laki-laki maupun perempuan, tangan maupun kaki.” “Disunahkan untuk memulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri, dari kaki kanan kemudian kaki kiri.”

Untuk tata cara memotong kuku, Imam Nawawi mengajarkan seprti kutipan dalam kitab Fathul Bari, Imam Ibnu Hajar mengatakan; “Tidak ada satu pun hadis yang menjelaskan tentang tertib memotong kuku. Akan tetapi Imam Nawawi menegaskan dalam kitab Syarh Muslim, bahwa disunahkan untuk memulai dari jari telunjuk tangan kanan, tengah, manis, kelingking, dan jempol. Untuk jari tangan sebelah kiri dimulai dari jari kelingking, manis, sampai jempol. Untuk kaki dimulai dari jari kelingking sebelah kanan sampai ke jempol, dan kaki sebelah kiri dimulai dari jempol sampai jari kelingking.”

Mengutip Doktersehat.com, “selain manfaat memotong kuku untuk mencegah keracunan, manfaat potong kuku yang satu ini juga berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kuku yang panjang menjadi tempat yang nyaman bagi kuman untuk berkembang. Pastikan kuku Anda selalu dalam keadaan pendek agar sistem pencernaan Anda tetap terjaga kesehatannya”, menurut tinjauan medis. (Sumber: Konsultasisyariah.com, Doktersehat.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *