Saat Shalat Apa Sih yang Harus Difikirkan, Apakah Ada Unsur Khusus Didalamnya? Yuk Lihat Pejelasan Berikut!

Mediadakwahislam.com– Apa yang seharusnya difikirkan seoarang muslim saat melaksanakan salat, adalah suatu yang patut direnungkan dan dikaji. Banyak umat yang belum faham mengenai konten dalam shalat. Konten atau unsur dalama shalat ada dua yaitu, Gerakan dan bacaan. Dengan memfokuskan diri pada kedua unsur itu, maka InsyaaAllah, Shalat akan lebih tenang dan khusyu.

Mengutip muslim.or.id, fokus memikirkan gerakan shalat berarti memikirkan bagaimana agar kita bisa melakukan gerakan shalat yang sesuai sunnah. Bagaimana caranya sedekap yang benar, cara rukuk yang benar, bagaimana mengatur arah pandangan ketika shalat, dimana posisi tangan ketika sujud, bagaimana posisi duduk sesuai sunnah, dst.
Karena itu, seorang hamba dituntut untuk mempelajari tata cara shalat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu sesuaikan gerakan dia dalam shalat dengan gerakan yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.


Prinsipnya adalah jadikan gerakan shalat kita berdalil. Sesuaikan dengan dalil, maka kita akan bisa khusyuk dalam shalat.
Termasuk bagian dari fokus memikirkan gerakan adalah merenungkan dan memahami arti dari gerakan shalat. Seperti, merenungkan mengapa harus berdiri, mengapa harus rukuk, atau mengapa posisi sujud seperti itu, dst.

Sedangkan fokus memikirkan bacaan shalat. Bentuknya adalah dengan merenungkan makna setiap bacaan yang dilantunkan dalam shalat. Seperti, memahami makna takbiratul ihram, memahami makna doa iftitah, merenungi bacaan al-Fatihah, memahami makna doa rukuk, dst.
Fokus dibagian ini lebih rumit untuk dilakukan, karena orang yang shalat harus mengerti bahasa arab, dan mampu memahami maknanya.

Maka saat seorang muslim fokus terhadap dua unsur shalat tersebut, berarti ia telah menuju titik fokus memikirkan isi shalat, dan itulah bagian ia sedang dalam keadaan khusyu’ saat mendirikan shalat. Wallahu A’lam Bishowab. (Sumber: Tafsir Shalat, Ustadz Ammi Nur Baits, cetakan Pustaka Muamalah Jogja, Jogjakarta, laman Muslimah.or.id, untuk selengkapnya silahkan klik: https://muslimah.or.id/12712-apa-yang-perlu-dipikirkan-ketika-shalat.html)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *