Berikut Inilah Tuntunan Mengenakan Hijab yang Syar’i, Sudahkah Kamu Menerapkannya? Coba Chek!

Mediadakwahislami.com– Maha Suci Allah yang telah memberikan hidayah kepadamu wahai saudariku. Kamu yang mengenakan hijab karena mengikuti aturan syariat agama. Kamu percaya bahwa berhijab adalah kewajiban, sehingga kamu takut berdosa jika melepaskannya. Kamu yang berhijab hanya karena mengaharap ridha Allah bukan karena makhlukNya yang hina, kami bangga kepadamu wahai saudariku.

Sedikit kami mengulas kajian berhijab syar’i agar tak lupa dan agar yang belum tau menjadi tau akan batasan-batasan dalam berhijab. Seperti dikutip laman Muslimah.or.id, berikut tuntunan hijab syar’i menurut ajaran agama islam:

Hijab itu longgar, sehingga tidak menampakkan lekuk-lekuk tubuh (tubuh bukan hanya kepala). Tebal, hingga tidak kelihatan sedikit pun bagian tubuhnya. Tidak memakai wangi-wangian. Tidak meniru mode pakaian wanita-wanita kafir sehingga muslimah memiliki identitas pakaian yang dikenal. Tidak memilih warna kain yang kontras (menyala) sehingga menjadi pusat perhatian orang.

Hendaknya menutupi seluruh tubuh, selain wajah dan kedua telapak tangan, menurut suatu pendapat, atau menutupi seluruh tubuh dan yang tampak hanya mata, menurut pendapat yang lain. Hendaknya tidak menyerupai pakaian laki-laki sehingga bab hal ini dilarang oleh syara’. Tidak memakai pakaian yang sedang menjadi mode dengan tujuan pamer sehingga ia terjerumus kepada sifat membanggakan diri yang dilarang oleh agama.(Kitab Hijab al-Mar’ah al-Muslimah fi al-Kitab wa as-Sunnah, karya al-Albani dan kitab Ila Kulli Fatatin Tu’minu Billah, karya al-Buthi).

Demikiantuntunan hijab syar’i sesuai dengan ajaran agama Islam yang dinukil dari fatwa ulama. Semoga mudah difahami, diamalakan, diajarkan, dan bermanfat. Wallahu A’lam Bishowab. [Artikel ini dikutip dari laman Muslimah.or.id, untuk selengkapnya silahkan klik: https://muslimah.or.id/7631-jilbabku-syari-ataukah-modis.html]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *